Selasa, 01 Juni 2010

Makanan yg mengandung asam folat

Anda sedang dalam persiapan untuk kehamilan? Atau bahkan saat ini sedang hamil?

Tentu sudah tidak asing lagi apa yang disebut asam folat bukan?

Ketika datang ke dokter dan mengatakan sudah mendapati garis dua di testpack, vitamin pertama yang akan diberikan dokter tentu asam folat. Beberapa dokter juga menyarankan kepada para wanita yang sedang dalam persiapan kehamilan.

Berbagai merk vitamin ini pun sudah dijual bebas di berbagai apotik. Bahkan juga terdapat dalam susu untuk ibu hamil dan untuk masa persiapan kehamilan yang juga sudah banyak merknya di pasaran.

Tapi, tahukah Anda bila ternyata makanan-makanan yang seringkali kita makan pun juga mengandung asam folat?

• Brokoli
Sayur ini termasuk golongan kubis-kubisan yang bisa membantu proses penyembuhan orang yang menderita sakit Selain itu, juga dapat mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker.
• Kacang-kacangan
Sudah sejak lama diketahui bahwa kacang adalah sumber protein juga serat yang kaya akan gizi seperti halnya mineral. Vitamin B, karbohidrat komplek.
• Bayam
Dua ikat bayam terdapat asam folat kurang dari 200 mikrogram.
• Telur
Asam folat terdapat pada putih telur. Dan lebih abnyak terkandung dalam putih telur bebek ketimbang putih telur ayam.
• Alpukat
Buah yang satu ini juga dikenal sebagai bahan yang baik untuk kecantikan. Baik dengan dimakan ataupun dengan dioleskan langsung di kulit karena kandungan vitamin E nya mampu menetralkan radikal bebas dan menekan risiko infeksi, juga membantu produksi antibodi secara alami dengan kandungan vitamin B-nya. Buah ini juga mengan omega -6
• Gandum dan Susu
Gandum dan susu juga sudah sangat dikenal memiliki asam folat yang cukup tinggi, terutama susu khusus untuk ibu hamil. Tahun 1996 Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan peraturan untuk menambahkan asam folat pada roti, sereal, tepung, serta makanan yang terbuat dari jagung, pasta, beras dan produk biji-bijian lainnya.
• Jeruk
Buah ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan di samping itu juga dapat membantu memenuhi 20% kebutuhan folat sehari-hari.
• Stroberi
Delapan buah stroberi mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol yang setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil. Karena itu, pilihan menjadikan buah ini sebagai camilan adalah pilihan yang tepat.
• Hati sapi
Panganan yang satu ini mengandung Vitamin A dan juga asam folat Namun sayang, ternyata hati sapi tidak diajurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan.
• Pisang
Mengkonsumsi 1,5-2 pisang setiap hari, dapat memenuhi kebutuhan asam folat harian ibu hamil. Karena, dalam dua buah pisang terkandung 58 mikrogram asam folat yang berarti telah memenuhi sepertiga kebutuhan folat tubuh.

Jadi, mulai sekarang, para ibu hamil dan juga yang sedang mempersiapkan kehamilan dapat mulai menjaga asupan asam folat dengan makanan-makanan di atas agar buah hati yang dinanti dapat tumbuh dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar