Selasa, 13 April 2010

MANFAAT WORTEL

Makanan kelinci, demikian biasanya orang menyapa sayuran ini. Rasanya manis dan ketika digigit terasa renyah. Selain kandungan vitamin A, ternyata wortel bermanfaat bagi kesehatan.

Banyak mengkonsumsi wortel mentah dapat mengurangi lendir pada penderita pilek, bronkitis dan asma. Juga membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, kram perut, diare, dan wasir.

Jus wortel yang diminum secara rutin bisa menghancurkan batu ginjal, juga mengurangi asam urat dan radang hati.

Kompresan wortel parut dapat menyembuhkan borok bernanah, luka teriris, dan bisul. Selain itu, wortel parut plus madu juga bisa dijadikan masker wajah yang berguna untuk melembutkan kulit.

Masalah kulit sebenarnya bisa diatasi dengan perawatan yang rutin dan tidak perlu harus kesalon.Misalnya saja dengan rajin melakukan perawatan dengan masker dari bahan alami,dan bisa di buat sendiri seperti wortel.

Buah wortel yang terkenal untuk membantu kesehatan mata ini,ternyata berkhasiat juga untuk kulit,diantaranya menyamarkan noda hitam sekaligus menghilangkannya.Bahan-bahan yang perlu disiapkan tidaklah rumit
1.2-3 buah wortel
2.5 sendok makan madu

Blender wortel,lalu tambahkan madu.Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 10-15 menit.Lalu bersihkan dengan air dingin.

Jenis sayuran berwarna orange ini kaya akan vitamin A dan C.Tidak hanya itu,wortel juga mengandung fosfor,natrium,kalsium dan magnesium.

Selain kandungan-kandungan tadi,wortel juga mengandung lycopene yang berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel kilut mati.Betacarotene yang terkandung dalam wortel juga berfungsi membuat kulit agar tetap segar dan awet muda.

Ternyata banyak bukan kandungan khasiat dari wortel untuk kulit?Dengan meluangkan sedikit waktu untuk perawatan ini,Anda akan mendapatkan kulit yang sempurna tanpa mengantri di salon dan keluar banyak biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar