Selasa, 13 April 2010

Wanita karir yg sehat

Dari pagi hingga sore bahkan malam, kerja dan kerja terus. Hati-hati! Jaga kesehatan dengan beberapa tips berikut ini:

1. Jalan-jalan keluar. Walau itu hanya perjalanan singkat saat makan siang atau berkeliling gedung kantor, keluar dari tempat kerja adalah bagian penting dalam hari-hari kerja. Aktivitas ini bisa menjaga tubuh agar tidak kelelahan dan memastikan tubuh memperoleh cukup vitamin D dari sinar matahari

2. Pilih kursi yang sempurna. Tak perlu kursi senyaman lazy boy agar efektivitas kerja tinggi, yang penting ergonomis, bisa diatur kemiringan sandaran dan ketinggiannya. Walau terdengar sepele, postur yang baik bisa menjaga kondisi tubuh. Sudah dapat kursi yang pas? Ingat jangan silangkan kaki dan bungkukan badan

3. Lindungi mata. Menatap layar komputer sepanjang hari jelas bisa membuat mata menderita. Kering, iritasi, sakit kepala dan pandangan buram. Tanggulangi semua ini dengan lebih sering mengambil istirahat dari layar. Bila memungkinkan pilih flat screen. Semakin tinggi kualitas dan tajamnya gambar pada layar, semakin ramah untuk mata.

4. Tambahkan tanaman. Kantor biasanya sumpek karena aliran udara yang terhambat. Menambahkan tanaman bisa digunakan untuk mengatasi kondisi ini. Lagipula menambahkan unsur alam di dalam ruangan banyak manfaatnya, tubuh jadi segar dan kantor lebih terlihat menarik.

5. Pencahayaan. Jenis pencahayaan bisa mempengaruhi banyak hal, mulai dari kemudahan untuk mengawasi bahan untuk pekerjaan sampai mood. Bila memungkinkan pilih pencahayaan alami dari jendela. Bila tidak, pilih lampu dengan spektrum penuh yang bisa bantu mengganti kurangnya sinar matahari yang dibutuhkan kulit.

6. Pengaturan keyboard. Menggunakan komputer saat bekerja berarti melakukan gabungan gerakan berulang dari jemari dan telapak tangan serta posisi punggung dan leher yang harus selalu tegak,dan tanpa disadari menyebabkan cedera otot. Untuk mengatasinya pastikan posisi lengan dan tangan dalam posisi nyaman di keyboard. Lakukan peregangan bisa tubuh mulai terasa kaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar