Selasa, 13 April 2010

Manfaat dari tidur

Olahraga memang penting untuk kesehatan tubuh, akan tetapi tidur yang cukup pun tak kalah pentingnya! Berikut adalah beberapa manfaat dari tidur :

1. Untuk Membangun dan Memperbaiki Sel Tubuh

Ketika kita tidur nyenyak, tubuh mendistribusi 70% hormon pertumbuhan, dimana hormon ini akan dipergunakan untuk memperbaiki sel-sel kulit dan membangun otot dan tulang.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of California, AS, terhaap 10 orang, ternyata setelah jam tidur mereka dikurangi sebanyak 5 jam, sitem kekebalan tubuh mereka pun menurun.

3. Menjaga Kemampuan Berpikir

Semakin lama kita terjaga, maka kemampuan mental kita pun akan menurun sedikit demi sedikit. Menurut penelitian, jika kita terjaga selama 24 jam, maka kemampuan mental menurun sebanyak 25%.

Setelah mengetahui manfaat tidur, lalu bagaimana caranya agar dapat tidur dengan mudah? Berikut beberapa tips nya :

1. Olahraga

Olahraga membuat tubuh merasa lelah dan rasa lelah tersebut akan membuat anda lebih mudah untuk tidur. Jangan melakukan olahraga (baik aerobik maupun beban) dalam jangka waktu terlalu dekat dengan waktu tidur. Setidaknya, beri jarak 3 jam antara olahraga dan tidur.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat membuat tubuh merasa santai. Cobalah mandi air hangat selama sekitar 15 menit. Setelah itu, secara perlahan, suhu tubuh akan menurun dan hal tersebut menyebabkan rasa kantuk.

3. Tidur Teratur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, untuk membiasakan irama tubuh agar mampu tertidur pada waktu yang ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar