Selasa, 13 April 2010

Mengatasi mata pedih saat mengupas bawang

Mengupas bawang adalah pekerjaan yang sepele tetapi merupakan salah satu kegiatan rutin dilakukan khususnya bagi ibu rumah tangga. Terkadang hal ini membuat kita malas karena akhirnya mata sering menjadi pedih. Di bawah ini beberapa tips mengurangi mata pedih & berair tatkala mengupas bawang :

1. Tindakan yang paling gampang adalah menjaga jarak mata dengan bawang saat dikupas. Semakin jauh jaraknya semakin berkurang gas asam sulfoksida amino sampai ke mata.

2. Basahi tangan dan bawang sebelum mengiris bawang. Hal ini membuat sebagian gas asam sulfoksida amino tersebut bereaksi dengan air yang membasahi bawang dan tangan kita. Membasahi wajah juga membantu mengurangi iritasi tersebut.

3. Bagi yang mengupas bawang dengan kuantitas yang cukup banyak bernapaslah perlahan-lahan, sesekali perlu bernapas dengan mulut. Bernapas cepat melalui hidung akan mempercepat gas asam sulfoksida amino sampai di mata. Beberapa orang menggigit roti saat mengiris bawang, sehingga aliran udara ke hidung tidak mempercepat asam sulfoksida aminosampai ke mata disamping roti juga dapat menyerap gas tersebut.

4. Kupaslah kulit terluar bawang dan dinginkan beberapa menit dalam kulkas. Temperature yang rendah akan mengurangi enzim alinase dan sulfida.

5. Hindari mengucek mata saat terasa pedih karena hanya akan menambah iritasi. Kalau terpaksa mengucek, bersihkan tangan dan sirami mata dengan air. Kalau dirasa tidak cukupbersihkan menggunakan sabun dengan hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar