Selasa, 13 April 2010

Mencegah kanker serviks

Kanker Serviks, adalah sesuatu yang menakutkan bagi sebagian besar wanita di dunia. Kanker serviks atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kanker leher rahim adalah sejenis kanker yang disebabkan HPV (Human Papilloma Virus) onkogenik yang menerang leher rahim. Sedangkan faktor pemicu lainnya antara lain sering berganti-ganti pasangan, wanita perokok,hubungan seks bebas pada usia muda,dll. Untuk itu biasakan hidup sehat sedini mungkin.

Kanker yang menyerang bagian penting wanita ini tidak mudah dideteksi sampai kanker memasuki stadium lanjut. Untuk itu sangat disarankan bagi semua wanita untuk melakukan pencegahan kanker serviks daripada harus melakukan pengobatan jika sudah terlambat nanti.

Saat ini, kanker serviks atau kanker leher rahim dapat dicegah. Ketakutan wanita terhadap penyakit ini dapat dicegah, dengan cara antara lain :

* PapSmear, merupakan pemeriksaan lendir reher rahim. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setahun sekali terutama bagi wanita yang sudah menikah atau mereka yang sering melakukan hubungan sex. Dari hasil Papsmear akan diketahui apakah seseorang itu ditemukan sel-sel ganas atau tidak.
* Hindari rokok, rokok banyak sekali mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Bagi wanita yang ingin sehat sebaiknya hindari rokok atau banyak mengkonsumsi vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan.
* Lakukan kehidupan sexual yang sehat hanya dengan satu pasangan jangan ganti-ganti pasangan.
* Melakukan vaksinasi HPV. Vaksinasi ini dilakukan oleh wanita usia antara 10-55 tahun. Vaksin ini sangat membantu untuk mencegah kanker serviks. Lakukan konsultasi dengan dokter anda.
* Makan sayuran brokoli dan kerabatnya. Senyawa yang terkandung dalam brokoli,kol dan kawan-kawannya dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker serviks dengan sedirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar