Senin, 17 Mei 2010

Kreatif dengan tempe buatan sendiri

Tempe adalah makanan asli Indonesia yang sekarang sudah mendunia. Para vegetarian di seluruh dunia telah memilih tempe sebagai pengganti daging yang tinggi protein. Kini tempe tidak hanya diproduksi di Indonesia saja, tetapi juga di mancanegara.

Tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan menggunakan ragi atau kapang rhizopus, sehingga tumbuh miselia jamur yang melekatkan biji-biji kedelai sehingga menjadi tekstur yang kompak dan memiliki rasa khas. Produk tempe membuat nilai zat gizi yang terkandung dalam kedelai lebih mudah dicerna, diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Dalam memilih tempe sebaiknya yang berbau segar dan kedelainya padat, tertata rapat karena memakai biji kedelai murni. Jika penampangnya tidak rapat dan terdapat bahan lain disela-selanya yang tertutup jamur berarti tempe tidak murni.

Tempe tidak hanya dinikmati dalam bentuk tempe goreng saja, tapi dapat diolah menjadi bermacam-macam hidangan lezat, di antaranya :

• Tempe manis kering
Tempe dipotong tipis-tipis kemudian digoreng sampai kering. Bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar ditumis dan ditambahkan daun jeruk, asam, cabe, gula merah, gula pasir, air, dan garam, lalu dimasak sampai kental. Tempe dimasukkan dan diaduk hingga rata. Dapat pula ditambahkan kacang goreng dan irisan cabe merah yang sebelumnya digoreng kering. Olahan ini dapat disimpan dalam stoples bila tidak segera dimakan.

• Tempe panggang manis
Bumbu halus (ebi, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan garam secukupnya) ditumis dengan margarin hingga harum dan ditambahkan kecap manis dan sedikit air, lalu tempe dimasak sampai setengah kering. Tempe dipanggang sampai kecoklatan sambil sesekali dioles dengan bumbu. Hmmmm, lezatnya bila disajikan bersama nasi hangat, sambal dan lalapan segar.

• Pelas tempe udang teri
Sebelumnya Tempe dikukus dan dihaluskan. Bumbu halus terdiri dari : bawang putih, bawang merah, kemiri dan ketumbar sangrai, ditumis bersama dengan serai, salam, daun jeruk dan lengkuas sampai harum. Tumisan dimasukkan ke dalam campuran kelapa parut, udang cincang, teri, tempe, telur, daun bawang, cabe merah cincang, tepung sagu dan garam, diaduk sampai rata. Adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang.

• Tempe schottel
Tempe dipotong kecil-kecil. Bawang bombay ditumis hingga harum, tempe dimasukkan ditambah kan merica, garam dan air dimasak hingga tempe matang. Makaroni direbus hingga matang, dicampur dengan daging cincang, telur dan tumisan tempe, diaduk sampai rata. Adonan dituang dalam pinggan tahan panas dan ditaburi keju parut, dibakar hingga matang. Setelah dingin, dipotong-potong sesuai selera dan disajikan dengan saus sambal.

• Perkedel tempe isi telor puyuh
Tempe dikukus dan dihaluskan. Telur puyuh direbus dan dikupas. Tempe ditambahkan telur, merica bubuk, pala bubuk, irisan daun bawang, bawang merah goreng, garam dan diaduk sampai rata. Adonan diambil sedikit, isi dengan telur puyuh dan bentuk menjadi bulat pipih. Sebelum digoreng, dicelupkan dalam kocokan telur dan digoreng sampai kuning kecoklatan.

Masih banyak lagi variasi yang bisa dibuat dengan bahan dasar tempe. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar