Senin, 17 Mei 2010

Mengatasi luka jerawat di wajah

Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun folikel pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul(penonjolan di atas permukaan kulit dan berisikan zat padat), pustul (gelembung berisi nanah).

Akne vulgaris

Akne vulgaris adalah penyakit peradangan menahun folikel pilosebasea yang umumnya terjadi pada masa remaja dan sembuh sndiri. karena hampir setiap orang pernah menderita penyakit ini, maka sering dianggap sebagai kelainan kulit yang timbul secara fisiologis.

Umumnya terjadi pada sekitar umur 14-17 tahun pada wanita , 16-19 tahun pada pria. Namun kadang-kadang terutama pada wanita, akne vulgaris menetap sampai dekade umur 30an atau lebih.

Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya jerawat diantaranya :

- Penyumbatan pori - pori

- stres fisik dan emosional

- makanan

- cuaca dan musim

Tempat terjadinya jerawat bisa di wajah, bahu, dada dan punggung bagian atas. Jerawat dapat disertai rasa gatal.

Pencegahan:

- Selalu menjaga kebersihan kulit wajah dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai.

- Kurangi makanan berlemak dan banyak makan sayur serta buah.

- Olahraga dan istirahat yang cukup

- Hindari stress yang berlebihan


Siapa yang senang kalau terkena jerawat??? Usia remaja memang rawan jerawat. Namun jerawat tak akan muncul kalau wajah dirawat dengan baik dan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, seperti goreng-gorengan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Jika jerawat terlanjur muncul, agar tidak meninggalkan bekas, jerawat jangan di pencet, sebab setelah sembuh akan menimbulkan bekas luka. Bekas luka jerawat dapat diatasi dengan cara :

* Ambil satu buah jagung muda, cuci bersih, parut, usapkan merata ke wajah, diamkan sekitar dua jam, dan basuh dengan air hingga bersih. Lakukan sehari sekali sampai bekas luka hilang.

Atau jika ingin menggunakan krim,gunakan krim pemutih tertentu yang dapat memutihkan wajah sekaligus memulihkan bekas luka jerawat.

Agar hasilnya maksimal, gunakan riasan wajah. Pakailah bedak untuk menyamarkan sisa-sisa bekas luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar