Senin, 17 Mei 2010

Penyebab gusi berdarah

Keluhan gusi berdarah,sangat sering terjadi pada orang yang menderita kekurangan vit C. Tapi penyebab lain yang bisa mengakibatkan gusi berdarah sangat banyak. Hal lain yang dapat menyebabkan gusi berdarah antara lain plak (sisa makanan yang menempel pada gusi) atau karang gigi (plak yang sudah berubah konsistensinya menjadi keras). Biasanya hal tersebut dipicu oleh karena faktor mekanis,seperti pada saat menyikat gigi,saat flossing (pemakaian benang gigi),atau pada saat pemakaian tusuk gigi. Ada jg yang mengalami gusi berdarah secara tiba-tiba tanpa adanya faktor pemicu.
Penyebab utama gusi berdarah adalah adanya peradangan di sekitar gusi baik ringan maupun berat. Diperparah dengan keadaan mulut yang tidak terawat dengan baik.
Idealnya keadaan rongga mulut harus bebas dari plak dan karang gigi,gigi berlubang,dan sisa akar gigi. Semua itu membuat gusi mengalami peradangan.
Faktor stress dan hormon jg sangat berpengaruh pada terjadinya radang gusi. Maka dari itu tidak heran jika pada ibu hamil dan anak masa pubertas akan sering mengalami gangguan gusi berdarah.
Solusi yang bisa membantu :
- Bersihkan gigi minimal 2x sehari pagi sesudah makan,malam sebelum tidur
- Pergilah ke dokter gigi guna membersihkan karang gigi,menambal gigi berlubang,mencabut sisa akar gigi.
- Perbanyak konsumsi makanan berupa buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vit.C agar gusi tidak mudah berdarah
- Sebisa mungkin hindari STRESS!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar