Senin, 17 Mei 2010

Tips memilih dan menyimpan bumbu dapur

Bumbu untuk memasak terbagi dalam 2 golongan, yaitu bumbu basah dan bumbu kering. Yang termasuk bumbu basah adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kencur, lengkuas, temu kunci dll. Merica, biji pala, kayu manis, kapulaga, ketumbar, jintan, adas adalah golongan bumbu kering.

Beberapa tips dalam memilih dan menyimpan bumbu dapur :

* Pilihlah bumbu basah yang segar, masih utuh dan tidak ada bercak putih. Bercak putih tersebut biasanya kapang atau jamur yang menyebabkan bumbu berbau dan busuk jika disimpan terlalu lama.

* Bumbu basah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum disimpan, kemudian dikemas dalam plastik atau tempat kedap udara dan dimasukkan ke dalam freezer. Cara ini dapat membuat bumbu basah bertahan 1-2 bulan.

* Beli bumbu kering seperlunya, karena akan mudah kehilangan aroma jika terlalu lama disimpan. Bila membeli dalam bentuk bubuk, pilih kemasan terkecil agar tidak mudah rusak. Supaya aroma khas bumbu tidak mudah hilang, bumbu kering sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara.

* Bila akan menghaluskan bumbu kering, disangrai dulu hingga harum dan aroma rempahnya keluar. Tunggu sampai dingin, baru bumbu tersebut dihaluskan.

* Bila menggunakan bumbu instan atau bumbu buatan, pilih merek yang sudah terdaftar di Badan POM. Beli bumbu dalam kemasan terkecil dan selalu cek tanggal kadaluarsa. Tutup rapat kemasan bumbu setelah pemakaian. Bumbu dengan kandungan air tinggi, seperti tauco, kecap, saus dll sangat rentan terkontaminasi mikroba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar