Senin, 17 Mei 2010

Mengatasi tidur mendengkur

Meski tidak disengaja, tidur mendengkur memang terasa kurang etis. Lebih-lebih bila dialami oleh wanita. Itulah sebabnya, kebiasaan ini sering menyebabkan kejiwaan seseorang terganggu ketika akan tidur ditempat orang lain. Ia cemas jangan-jangan akan mendengkur saat sedang tidur.

Mendengkur disebabkan adanya gangguan pada saluran pernapasan. Kendati bisa terjadi pada semua orang, tetapi hal ini lebih sering dijumpai pada orang dengan berat badan berlebih.

Menghilangkan kebiasaan ini terkadang sulit, sebab terjadi tanpa sengaja ketika orang sedang tidur, namun untuk meminimalkan bunyi dengkuran, lakukan dengan cara berikut: Ambil 2 sendok makan perasan jeruk nipis, kemudian seduh dengan secangkir air panas ditambah gula batu. Minum tiga kali sehari.

Selain itu setiap kali akan tidur, bagian dada usap dengan parem daun sirih yang dicampur lada. Pada orang gemuk usahakan untuk bisa bernafas bebas saat tidur, karena itu gunakan baju longgar dan kendurkan ikat pinggang. Hindari tidur terlentang agar mulut tidak membuka. Usahakan tidur miring dengan bantal tidak terlalu tinggi. Dengan cara itu mudah-mudahan anda tidak mendengkur waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar