Senin, 29 Maret 2010

Bahaya vitamin yang berlebihan pada anak

Ini penting untuk diketahui para ibu. Tahu kah ibu? Bahwa suplemen vitamin dan mineral pada dasarnya aman, tapi tetap digolongkan sebagai obat yang dapat menimbulkan racun, terutama vitamin larut lemak (vitamin A,D,E, dan K). Nah, berikut efek yang bisa ditimbulkan oleh kelebihan beberapa vitamin.

1. Vitamin A yang berlebihan akan disimpan di dalam tubuh,dan ini bisa meningkatkan resiko cacat bawaan saat lahir, kerusakan hati, serta menurunkan kekuatan tulang dan menyebabkan osteoporosis.
2. Vitamin B6. sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin ini, bicara kan dulu dengan dokter bila anak menderita gangguan intestinal, penyakit hati, anemia sel sabit atau bila anak baru saja melampaui suatu masa yang penuh stres akibat sakit berat, luka bakar, kecelakaan, atau baru mengalami operasi.
3. Vitamin C. sebelum mengkonsumsi vit c, bicarakan dulu dengan dokter jika anak anda menderita batu ginjal, anemia, atau kelainan bawaan penumpukan zat besi.
4. Zat besi. Jangan mengonsumsi suplemen ini jika anak anda menderita hepatitis akut, hemosiderosis atau hemokromatosi (peingkatan zat besi). Hubungi dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini bila anak menderita ulkus pej tikum (tukak lambung), enteritis (radang usus), kolitis, pankreatitis, atau bila menderita penyakit gen atau kelainan pada usus.
5. Kalsium. Hati-hati mengonsumsi kalsium bila anak menderita gangguan ginjal,konstipati kronis, kolitis, diare, perdarahan lambung/usus, gangguan irama jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar