Senin, 29 Maret 2010

MANFAAT PISANG

Pisang yang selama ini kita kenal sebagai buah biasa, ternyata memiliki beragam khasiat. Tidak hanya sebagai santapan lezat tetapi jua berguna untuk kecantikan dan kesehatan. Hal ini dikarenakan vitamin yang terkandung di dalamnya cukup banyak. Akan tetapi bagi penderita diabetes harus waspada karena kandungan gula didalam pisang terlalu tinggi.

Sebuah pisang yang matang akan mengandung 99 gram (gr) kalori, 1,2 gr protein, 0,2 gr lemak, 25,8 miligram (mg) karbohidrat, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor, 0,5 mg besi, 44 RE vitamin A, 0,08 mg vitamin B, 3 mg vitamin C dan 72 gr air.

Jenis-Jenis Pisang
------------------

> Pisang Raja

Pisang jenis ini tangkai buahnya terdiri atas 6 sisir yang masing-masing terdiri 15 buah. Berat nya sekitar 92 g dengan panjang 12-18 cm dan diameter 3,2 cm. Warna daging buahnya kuning kemerahan tanpa biji.


> Pisang Kepok

entuk buahnya agak pipih sehingga kadang disebut pisang gepeng. Berat per tandan dapat mencapai 14-22 kg dengan jumlah sisir 10-16, setiap sisir terdiri dari 12-20 buah.

>Pisang Tanduk

Pisang tanduk ukuran buahnya besar dan bentuknya menyerupai tanduk. Warna daging buahnya putih kemerahan. Pisang jenis ini cocok untuk olahan jajanan. Setiap tandannya terdiri dari tiga sisir dan setiap sisirnya 10 buah.

>Pisang Mas

Pisang ini bentuk buahnya kecil-kecil dengan panjang 8-12 sm dan diameternya 3-4 cm. Pisang mas bila matang berwarna kuning cerah. Kulit buahnya tipis, rasanya sangat manis, dan aromanya kuat. Konon pisang jenis ini dapat menyembuhkan penyakit kuning.

> Pisang Ambon Lumut

Warna kulit buahnya pada waktu matang hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Daging buahnya berwarna putih kemerahan dan lunak. Rasanya manis enak dan aromanya kuat.

> Pisang Ambon Putih

Pisang ambon putih pada saat matang berwarna kuning keputihan dengan warna daging buah putih sampai putih kekuningan. Rasa daging buahnya manis sedikit asam dan aromanya kuat. Selain sebagai buah meja, pisang ambon digunakan sebagai makanan pada bayi.

> Pisang Nangka

Warna kulit pisang nangka saat matang adalah hijau. Rasa buahnya asam manis. Pisang jenis ini hanya digunakan untuk olahan.

Pisang Untuk Kesehatan

* Membantu menurunkan tekanan darah tinggi kerana kandungan potasiumnya yang tinggi.
* Membantu menurukan kolesterol karena memiliki kalori lemak dan sodium yang rendah
* Pisang kaya dengan zat besi, sehingga dapat merangsang penghasilan haemoglobin di dalam darah dan mengatasi penyakit Anemia.
* Dapat menenangkan hati dengan kandungan sejenis protein dalam pisang.
* Mengatasi gigitan nyamuk dengan cara menggosok bagian yang digigit dengan kulit pisang.
* Penting untuk pertumbuhan anak-anak karena mengandung 3 jenis gula (sukrosa , fruktosa dan glukosa).
* Sebagai sumber tenaga karena dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.
* Mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan sehingga sangat disarankan bagi ibu hamil.
* Mengobati luka bakar.Caranya kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.
* Mengobati penyakit perut dan usus

Pisang untuk kecantikan
-----------------------

* Mengatasi rambut rusak
* Menghaluskan kulit
* Dapat menurukan berat badan
* Mengatasi kulit yang berminyak dan kering
* Sebagai penyubur rambut
* Mencegah kerontokan dan penghitam rambut

Jadi, segeralah mengkonsumsi pisang agar dapat merasakan berbagai keajaibannya.

Tips :

- Pilihlah pisang yang matang karena hanya pisang yang matang saja yang dapat mengubah gula darah menjadi glukosa alami, serta cepat diabsorsi ke dalam peredaran darah.

Punya masalah dengan kulit?

Tentu ini akan menjadi perhatian penting, khususnya bagi wanita. Beragam merk kosmetik dan suplemen kecantikan pun dikonsumsi, tak peduli berapa biaya yang harus dikeluarkan, demi satu tujuan tampil cantik dan menawan.
Tak dapat dipungkiri memang, penampilan khususnya wajah menjadi modal yang penting dalam kehidupan. Baik untuk pekerjaan, rasa percaya diri, juga untuk menarik perhatian lawan jenis.

Namun, tanpa bisa dicegah, kadang masalah-masalah yang tak diinginkan sering muncul pada wajah. Baik karena faktor lingkungan, kurangnya perawatan, juga karena faktor usia. Mulai muncul jerawat, bintik hitam, keriput, kulit kusam, dan sebagainya.

Tapi jangan khawatir. Di sekeliling kita sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi segala macam problema kulit. Salah satu contohnya adalah pisang.

Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Selain rasanya yang enak dan harganya yang murah, buah ini juga mengandung banyak manfaat. Baik untuk kesehatan juga kecantikan.

Nah, bila problema kulit menghampiri, jangan bingung. Segera ambil buah manis ini. Berikut beberapa masalah kulit yang bisa diatasi dengan pisang.

* kulit wajah kering
Ambil satu buah pisang ambon, lumatkan sampai halus. Tambahkan minyak zaitun secukupnya yang telah dipanaskan di atas api beberapa saat. Campur dan oleskan merata ke wajah atau bagian lain yang terasa kering. Diamkan hingga mengering dan bilas sampai bersih. Lakukan setiap hari secara teratur.

* bekas jerawat atau bekas cacar air
Ambil kulit pisang mas atau bisa juga kulit pisang ambon yang masih muda. Gosokkan getah kulit pisang tersebut ke bagian wajah yang bernoda. Lakukan hingga bagian dalam kulit pisang menjadi kecoklatan. Diamkan sampai kering lalu bilas hingga bersih.

* kulit tangan atau kaki yang kasar/pecah-pecah
Sama halnya dengan bekas jerawat atau cacar air. Masalah ini juga dapat diatasi dengan menggosok-gosokkan bagian dalam kulit pisang mas. Lakukan hal ini setiap hari.
Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan dengan pisang ini secara teratur. Dan kulit cantik pun bukan lagi impian.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar