Senin, 29 Maret 2010

DIET

Diet merupakan hal yang “wajib” bagi kaum wanita bahkan pria apabila tubuh mereka kelebihan berat badan atau bisa jadi karena ada pantangan terhadap penyakit. Diet bukan berarti kita harus puasa atau tidak makan sama sekali tetapi diet yang baik dan sehat adalah dengan menjaga komposisi makanan. Mungkin sebagian orang baru mendengar istilah diet Atkins. Sebenarnya apa sih diet atkins itu??

Diet Atkins adalah cara untuk menghilangkan kelebihan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Ada beberapa tahapan untuk diet jenis ini yaitu tahap induksi, tahap penurunan berat badan, tahap pra-pengelolaan dan tahap pengelolaan berat badan seumur hidup.

1. Induksi

Pada tahapan ini, diet atkins membatasi pengkonsumsian karbohidrat sebatas 20 gram per hari. Hal tersebut bisa diperoleh dari salad atau sayuran lain. Disini kita diperbolehkan mengkonsumsi daging, ikan, kerang dan telur tetapi dibatasi hanya 4 ons per hari.

2. Penurunan Berat Badan

Istilah ilmiahnya yaitu ongoing weight loss atau OWL dimana istilah tersebut diperkenalkan oleh Dr. Atkins. Maksudnya adalah jumlah karbohidrat yang dikonsumsi setiap harinya dinaikkan jumlahnya sedikit demi sedikit tetap dalam proses penurunan berat badan. Untuk itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi lemak baik seperti alpukat dan banyak mengkonsumsi sayuran dalam pola makan Anda sehari-hari.

3. Pra Pengelolaan

Pada tahapan ini, Anda melakukan penilaian terhadap kenaikan berat badan dengan maksud untuk melihat batas maksimum Anda mengkonsumsi karbohidrat tanpa menyebabkan berat badan Anda naik.

4. Tahap Pengelolaan

Pada tahapan ini lebih kepada upaya pencegahan kenaikan berat badan dimana mengkonsumsi makanan disesuaikan dengan selera orang yang bersangkutan, tetapi tetap menjalankan aturan-aturan dari atkins diet untuk mencegah kenaikkan berat badan.

Dengan menerapkan diet atkins, kita diperbolehkan mengkonsumsi lemak tetapi dengan takaran yang sudah ditentukan. Untuk seseorang yang memiliki penyakit diabetes, diet seperti ini sangat dianjurkan dikarenakan dapat mengurangi resistensi insulin pada tubuh. Tetapi efek yang kurang bagus dari diet ini adalah dapat menyebabkan keletihan pada tubuh dikarenakan karbohidrat yang dikonsumsi oleh tubuh berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar