Senin, 29 Maret 2010

BERBAGAI MACAM HAID

Berikut adalah penjelasan seputar haid oleh dr. Sofani Munzilla, SpOG yang penulis kutip dari majalah CitaCinta edisi 3-17 Maret 2010.

1. Normalnya haid tidak sakit, kita hanya mengalami kram sesaat sebelum haid.
2. Nyeri ketika haid dialami oleh sebagian wanita, apa penyebabnya? Hal itu disebabkan terbukanya mulut rahim pada saat pengeluaran darah haid pertama, juga bisa disebabkan oleh terjadinya kontraksi rahim atau iskemia otot rahim, yaitu lepasnya dinding rahim. Selain itu bisa juga karena faktor hormonal, psikis atau rasa cemas yang berlebihan.
3. Jika rasa nyeri haid dirasakan beberapa hari menjelang haid dan puncaknya saat haid lalu menghilang setelah berhenti haid maka bisa jadi karena adanya endometriosis. Nyeri yang amat sangat pada endometriosis bisa menyebabkan seseorang tidak bisa beraktivitas normal, perut melilit, mual, muntah bahkan pingsan. Hal ini sudah tidak wajar dan perlu dikonsultasikan dengan dokter ahli kandungan.
4. Nyeri haid bisa juga disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon progesteron. Hormon ini dihasilkan oleh jaringan ikat kelenjar indung telur setelah melepaskan sel telur matang setiap bulan. Progesteron memperbesar ketegangan mulut rahim sehingga menyebabkan lubang mulut rahim menjadi sempit. Kontraksi otot rahim yang menyebabkan kejang otot inilah yang menyebabkan nyeri.
5. Apakah mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri haid aman? Obat penghilang rasa nyeri jenis paracetamol, asam mefenamat atau anti inflamasi non steroid aman dikonsumsi asal dikonsumsi setelah makan, karena obet jenis ini merangsang lambung.
6. Siklus haid yang normal berkisar 21-35 hari, warna darah kecoklatan dan lamanya haid antara 3-6 hari. Jika lebih cepat atau lebih lama dari itu sebaiknya periksakan diri ke dokter karena merupakan indikasi adanya gangguan hormonal yang bisa disebabkan faktor organik, yaitu anatomi atau kelainan alat kandungan atau faktor lain.
7. Jumlah darah haid yang normal adalah 2-5 kali ganti pembalut per hari. Bila pendarahan berupa bercak disebut spotting harus segera periksa ke dokter apakah ada gangguan hormonal atau gangguan pada bentuk anatomi kandungan, misalnya mioma atau kista.
8. Apa yang harus dilakukan jika siklus haid tidak normal? Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mengevaluasi keluhan dan akan memeriksa organ kandungan secara teliti untuk menentukan apakah masalah haidnya berasal dari gangguan hormonal murni atau disebabkan faktor lain. Kemudian dokter akan memberikan obat-obatan jika diperlukan.
9. Minum soft drink tidak berhubungan dengan memperlancar darah haid, tidak ada mekanisme ilmiah yang ditemukan untuk hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar