Senin, 29 Maret 2010

Pilihan buku tepat unt anak

Berbagai macam buku dapat kita temui di toko dan kios buku. Ada yang berbentuk hardcover, paperback, boardbook, softbook, tinybook, giantbook, dll. Ada pula berbagai jenis buku yang tersedia seperti buku-buku ensiklopedi, dictionary, buku dongeng atau fabel, buku mewarnai, kisah, puisi,dll.

Nah, ada beberapa tips untuk memilih buku yang tepat untuk anak-anak kita, yaitu :

1. Mengenali dan memahami Bentuk-bentuk buku dari bentuk kertas bentuk cover dan kekuatannya

Kita dapat mencari tahu tentang istilah dari masing-masing jenis buku yang tersedia di toko buku. Seperti yang saya jelaskan di atas, ada berbagai macam jenis buku dilihat dari fungsi, bentuk dan kegunaannya.

Contoh :

a. Buku hardcover adalah buku dengan cover yang tebal dan isinya terdiri dari lembaran-lembaran kertas. buku ini biasanya dijilid dengan cara dijahit sehingga kuat. buku ini biasanya memiliki halaman yang cukup banyak.

b. Buku paperback adalah buku yang terdiri dari lembaran-lembaran kertas setebal kurang lebih 100 gram, dan sampul atau covernya lebih tebal sedikit dari isinya. Halaman buku dengan jenis ini biasanya tidak terlalu sedikit atau tidak terlalu banyak

c. Boardbook adalah buku yang cover dan isi yang tebal. Biasanya buku dengan bentuk seperti ini terdiri dari sekitar 10 sampai 12 halaman.

d. Softbook adalah buku yang dicetak di media selain kertas seperti plastik, kain ataupun silikon ringan yang dapat dan aman untuk digigit anak.

e. Tinybook adalah buku yang dicetak dalam ukuran kecil dan biasanya berbentuk board. Buku dengan bentuk ini biasanya mudah dipegang dan digenggam oleh anak usia 1 sampai 3 tahun.

f. Giantbook adalah buku yang dirancang dengan bentuk besar dan berbentuk paperback. Gambar dan tulisan yang ada didalamnya juga dicetak dalam ukuran besar. Buku dengan bentuk ini biasanya ditujukan untuk dibaca bersama-sama.

2. Mengenali jenis-jenis buku dari isi dan pesan yang ingin disampaikan dalam buku. Ada beberapa jenis buku yang kita kenal seperti dongeng atau fabel, ensiklopedi, dictionary, kumpulan dongeng/kisah/puisi, buku cerita, buku tentang pengenalan konsep awal kepada anak, dll.

3. Mengenali usia anak

Dengan memahami usia dan karakteristik anak kita dapat memilihkan bentuk dan jenis buku yang sesuai dengan anak. Kita diminta juga untuk memahami tahap perkembangan anak pada usia-usia tertentu. Misalnya, untuk buku bentuk Softbook yang berisi gambar tanpa kata dapat kita tujukan untuk bayi sampai anak usia 1,5 tahun yang masih suka memasukkan benda-benda ke mulutnya. Atau buku dengan bentuk Boardbook dan berisi cerita-cerita ringkas/pendek yang terdiri dari beberapa kata atau kalimat dapat ditujukan untuk anak usia 1,5 sampai 3 tahun.

4. Memahami kebutuhan penggunaan

Selain mengetahui 3 hal di atas, kita juga harus memahami penggunaan dari buku yang akan kita beli. Kalau buku yang kita beli ditujukan agar anak bisa berbagi dan bekerjasama dalam kelmpok maka kita bisa membelikan buku dengan bentuk Giantbook. Biasanya ini ditujukan untuk anak usia prasekolah sehingga anak-anak dapat menikmati kegiatan bersama

Dengan memahami keempat hal dasar di atas, diharapkan kita dapat lebih tepat memilihkan buku untuk anak-anak kita.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar