Senin, 29 Maret 2010

TIPS KULIT SEHAT

Ingin memiliki kulit yang sehat dan senantiasa cerah serta berkilau? Mudah kok! Perhatikan strategi berikut ini:

Biasakan untuk membersihkan wajah secara rutin sebelum tidur. Setelah seharian beraktivitas, kulit wajah kita rentan terkena kotoran, debu, bakteri dan sisa-sia make up yang dapat mengiritasi kulit. Tambahan, kotoran-kotoran itu dapat menyumbat pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat. Jadi, aktivitas membersihkan wajah ini sederhana tapi sangat penting. Lagipula wajah yang bersih akan membuatnya mampu menyerap kandungan esensial dari krim malam yang kita pakai.

Tips pagi hari: bersihkan bekas krim malam dengan air hangat

Lindungi kulit dari paparan sinar UV dengan selalu memakai tabir surya. Pilihlah tabir surya yang dapat melindungi kulit dari UVA, UVB dan UVC. Tabir surya ini akan membentuk semacam lapisan di kulit yang dapat memantulkan kembali sinar matahari yang mengenai kulit.

Tips: ulangi pemakaian tabir surya setelah mencuci muka atau mandi.

Kendalikan stress. Menurut Amy Wechsler, MD, seorang dermatolog, psikiater sekaligus penulis buku The Mind-Beauty Connection, emosi yang tidak stabil akan membuat kita tampak lebih tua karena meningkatnya produksi hormon kortisol.

Hormon ini mengakibatkan peradangan dalam tubuh yang menurunkan produksi kolagen. Sehingga kulit wajah cenderung memerah, sensitif dan mudah berjerawat.

Tips: perbanyaklah konsumsi sayuran, buah yang mengandung anti oksidan serta tariklah napas dalam-dalam saat sedang tegang agar tubuh lebih rileks.

Gunakan produk yang mengandung asam retinoat. Asam retinoat adalah turunan dari vitamin A dan berfungsi merangsang pertumbuhan sel-sel baru serta produksi kolagen. Produk kecantikan yang mengandung asam retinoat akan efektif menyamarkan kerutan dan noda flek.

Perhatikan aktivitas mandi dan produk yang kita pakai saat mandi. Saat mandi, air yang kita gunakan untuk mengguyur tubuh sebenarnya hanya membersihkan lapisan kulit paling luar. Air saja tidak dapat membersihkan kotoran berupa lemak, kotoran dan kuman. Namun, memilih produk yang terlalu banyak mengandung deterjen dan antiseptic juga tidak baik. Gunakan produk yang aman, mengandung pH yang sesuai dan gosok tubuh dengan lembut adalah yang terbaik.

Gunakan jenis produk perawatan kulit wajah secara selang-seling. Menurut penelitian Mary P. Lupo, MD, seorang dermatolog dari Amerika, produk kecantikan yang kita gunakan terus menerus selama setahun akan menimbulkan efek kebal pada kulit. Dia menyarankan agar kita selang seling menggunakan produk yang mengandung asam retinoat dengan yang mengandung AHA.

Konsumsi Omega-3. Lemak baik ini bermanfaat untuk metabolisme tubuh secara keseluruhan dan baik untuk mengencangkan sekaligus melembutkan kulit. Lemak omega-3 banyak terdapat pada kacang almond, biji-bijian dan ikan salmon.

Olahraga teratur. Sebenarnya manfaat olah raga bagi tubuh banyak sekali. Namun khusus pada kulit, olahraga akan menimbulkan efek kencang dan elastis. Lakukan aktivitas ini setiap hari minimal 30 menit maka tubuh juga kulit akan terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar