Senin, 29 Maret 2010

Olahraga melancarkan kehamilan

Ternyata, olahraga tidak hanya bermanfaat bagi orang dalam kondisi normal. Para ibu yang sedang mengandung juga bisa merasakan kegunaannya. Dari beberapa penelitian, terbukti bahwa manfaat fisiologis olahraga selama kehamilan adalah :

1. Menguangi kejadian pendarahan 65%, karena pembuluh darah sangat elastis dan sistem pompa jantung menjadi lebih efisien.

2. Mengurangi rasa sakit hampir setengahnya, karena kekuatan otot rahim, panggul, dan punggung akan membantu mendorong janin keluar dengan cepat. Kelenturan sendi panggul juga akan memudahkan perenggangan yang optimal saat persalinan.

3. Mengantisipasi kejadian habis nafas dan Anoksia (jaringan kekurangan suplai oksigen), karena olahraga meningkatkan transfer oksigen ke seluruh jaringan dan memperbaiki fungsi sistem pernafasan dengan cara peningkatan volume udara dan meningkatkan kekuatan otot-otot pernafasan.

4. Cepat pulih dari luka pada jalur persalinan, karena sistem kekebalan tubuh meningkatkan dan cepat pulih dari kelelahan setelah melahirkan.

Selain itu, dengan berolahraga teratur akan membuat ibu hamil memiliki rasa percaya diri serta optimisme dalam menghadapi persalinan, menghilangkan ketakutan menghdapi persalinan, serta memicu rasa bahagia menanti kelahiran buah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar