Senin, 29 Maret 2010

TIPS MEMPERINDAH PAYUDARA

Anda ingin memperoleh payudara indah, besar dan menantang? Berikut tips jitu dari dr.Lilik Norawati, SpKK :

1. Gunakan bra yang cocok

Salah satu cara agar payudara tetap berada pada bentuk awal, dengan menggunakan bra. Selain berfungsi sebagai alat penutup, bra juga berguna untuk mempertahankan payudara. Pilih bra yang ukurannya pas dan memiliki penyangga serta menutupi seluruh payudara.

2. Pemeriksaan payudara secara teratur

Bagi para wanita yang berusia 30 tahun, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan payudara menggunakan USG atau mamografi. Buat mereka yang memiki latar belakang keluarga yang menderita kanker payudara, sedini mungkin memeriksakan diri minimal dua tahun sekali. Biasakan memeriksa payudara sambil berbaring dan raba dengan gerakan memutar dan rasakan apakah ada benjolan yang tidak wajar.

3. Hati-hati menggunakan obat perawatan payudara

Payudara sama sensitifnya dengan organ intim wanita. Jika berniat melakukan perawatan payudara dengan menggunakan obat-obatan atau teknik perawatan payudara, sebaiknya konsultasi dengan dokter ahli.

4. Jaga kesehatan payudara

Membersihkan payudara harus dilakukan hati-hati dan penuh kelembutan karena kulit seputar areola (puting) sangat peka dan lembut. Jangan menggunakan sabun berlebihan di daerah areola, beberapa sabun dapat menyebabkan kulit sekitar payudara kering. Sebaiknya gunakan pelembab ringan jika kondisi payudara sudah terlanjur kening

5. Hidup sehat

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak baik untuk payudara. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Kurangi penggunaan bumbu penyedap, pewarna, pengawet, dan perasa. Selain memperhatikan pola makan, juga harus berolah raga secera teratur, terutama untuk memperkuat otot-otot payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar