Senin, 29 Maret 2010

NUTRISI TEPAT UNTUK ANAK

ASI eksklusif (usia 0-6 bulan)
------------------------------
ASi merupakan sumber makanan utama dan terbaikuntuk bayi pada usia 0-6 bulan.Untuk itu ibu harus menerapkan pola makan seimbang agar kebutuhan gizi sang bayi dapat terpenuhi melalui ASI.
ASI eksklusif menurut WHO adalah pemberian ASI saja tanpa penambahan cairan lain baok susu formula,air putih, air jeruk, ataupun makanan tambahan lain. Karena sebelum mencapai 6 bulan, sistem pencernaan bayi belum sempurna.

Makanan bayi (usia 6-12 bulan)
------------------------------
Pada usia ini, bayi sudah mampu berkomunikasi walaupaun dalam bentuk sangat sederhana. Pemberian ASI saja tidak mencukupi untuk proses tumbuh kembang pada usia ini, karena itu mulai perlu diberikan makanan padat pendamping ASI.
Jadwal pemberian makanan ini fleksibel, tapi jangan bergeser terlalu jauh:
Pukul 06.00 : Susu
Pukul 08.00 : Bubur saring/Nasi tim
Pukul 10.00 : Susu/makanan selingan
Pukul 12.00 : Bubur saring/nasi tim
Pukul 14.00 : Susu
Pukul 16.00 : Makanan selingan
Pukul 18.00 : Bubur saring/nasi tim
Pukul 20.00 : Susu

Makanan balita (usia 12-18 bulan)
---------------------------------
Tubuh seorang anak membutuhkan zat gizi utama yaitu karbohidrat,lemak,protein,serat,vitamin, dan mineral. Asupan makanan sehari untuk anak harus mengandung 10-15% kalori, 20-35% lemak dan sisanya karbohidrat. Setiap kg berat badan anak memerlukan asupan energi sebanyak 100 kkal.
Asupan lemak juga perlu ditingkatkan karena struktur utama pembentuk otak adalah lemak. Lemak tersebut dapat diperoleh antara lain dari minyak dan margarine.
Waktu pemberian makanan yang disarankan:
Pukul 10.00 : susu
Pukul 12.00 : makan siang
Pukul 16.00 : susu
Pukul 18.00 : makan malam

Pada usia balita, anak memiliki daya ingat yang kuat dan tajam, sehingga apa yang diterima akan terus melekat sampai usia selanjutnya. Dengan memperkenalkan anak pada jam makan yang teratur dan variasi jenis makanan, diharapkan anak memiliki disiplin makan yang baik.
Dengan demikian anak pun diajari pola hidup teratur dan sehat sejak dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar