Selasa, 06 Juli 2010

10 tips menggunakan obat tetes mata

0 Tips higienis yang harus diperhatikan dalam menggunakan obat tetes mata :

1. Cuci tangan sebelum meneteskan obat dengan menggunakan air hangat dan sabun antiseptik. Setelah tutup botol dibuka, ujung penetes jangan tersentuh apapun (baik jari tangan ataupun bola mata).
2. Tubuh pada posisi berdiri atau duduk. Untuk memudahkan, dapat dilakukan di depan cermin. Kepala diposisikan menengadah dan tarik ke bawah kelopak mata bagian bawah sampai terbentuk cekungan.
3. Ujung penetes obat tetes mata diarahkan sedekat mungkin dengan mata tapi jangan menyentuhnya.
4. Botol ditekan perlahan-lahan hingga menetes sesuai jumlah tetesan yang diinginkan, pada cekungan kelopak mata bagian bawah. Mata ditutup secara perlahan selama kurang lebih 2-3 menit, mata jangan dikedip-kedipkan.
5. Kelebihan cairan dapat dibersihkan dengan tisu. Tangan dicuci untuk membersihkan sisa obat tetes mata.
6. Obat ditutup rapat kembali setelah dipakai, dan ujung penetesnya jangan diusap atau dicuci. Setelah obat tetes mata dibuka, sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.
7. Jika harus menggunakan lebih dari satu obat tetes mata, maka obat kedua digunakan setelah menunggu 2 (dua) menit
8. Obat tetes mata dijauhkan dari jangkauan anak-anak.
9. Botol obat tetes mata sebaiknya dibuang setelah satu bulan pemakaian. Disarankan membuat catatan tanggal berapa obat tersebut dibuka pertama kali.
10. Jangan menggunakan lensa kontak saat menetes mata, karena obat dan pengawet yang ada dalam obat tetes mata akan diakumulasi di dalam lensa kontak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar