Selasa, 06 Juli 2010

Manfaat kacang kedelai

Isoflavon adalah komponen aktif yang terkandung dalam tanaman (terutama kedelai) yang bermanfaat menjaga kepadatan tulang. Penelitian Uesugi et.al (2002) menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai meningkatkan metabolisme dan regenerasi sel tulang serta membantu penurunan kadar lemak darah.

Dari kandungan gizinya, kedelai yang oleh jepang dinamakan edamame ini merupakan makanan yang banyak manfaatnya, seperti sumber protein, lemak, vitamin, mineral, juga merupakan serat yang paling baik. Tak hanya itu, susunan asam amino pada kedelai lebih lengkap dan seimbang dibanding kacang lainnya.

Kandungan proteinnya setara dengan protein hewani dari daging, susu, dan telur. Hingga 25 persen kandungan lemak tak jenuhnya yang bisa mencegah mengerasnya pembuluh nadi. Karenanya, kedelai sangat berkhasiat bagi pertumbuhan dan menjaga sel-sel tubuh.
Satu hal yang mungkin terlewatkan dari perhatian para kaum wanita, ternyata dari hasil penelitian, kacang kedelai mengandung isoflavon yang sangat tinggi. Isoflavon berfungsi sebagai antioksidan dan berpengaruh meningkatkan kelembapan kulit.

Kedelai yang dikenal sebagai makanan kaya serat ini juga bisa lo mencegah sembelit (konstipasi)…juga menghindarkan dari beberapa penyakit usus lainnya.

Kacang kedelai ini bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk panganan atau masakan. Misalnya tempe goreng, tahu goreng, tumis tempe tahu, rempeyek kedelai, tofu, susu kacang kedelai yang sekarang lagi “in” hehehe…trus bisa diolah juga jadi panganan yang lebih bergengsi seperti steak tempe, burger tempe, pizza tempe tahu…wuih pokoknya diolah jadi apapun kacang kedelai ini tetep asyik lo….murah, meriah, manfaat oke…


Tapi hati-hati buat yang menderita penyakit asam urat agar membatasi konsumsi kacang kedelai ini karena dia banyak mengandung purin, musuhnnya si asam urat nih…

Oh ya ada info bagus nih buat para bunda, ternyata kacang kedelai yang mengandung lechitin ini bisa membangun kecerdasan dan daya ingat lo. Lecithin ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang seorang anak, karena memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang diperlukan seorang anak. Lecithin juga memiliki kandungan Asam Linoleat, Asam Linolenat, serta Asam Oleat yang amat sangat diperlukan dan dibutuhkan seorang anak guna tumbuh kembangnya, agar dia sehat, cerdas dan pintar.

Yuuukkk…biasakan mengkonsumsi kedelai sejak dini….murah tapi segudang manfaatnya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar