Selasa, 06 Juli 2010

Manfaat kacang hijau

kacang hijau atau phaseolus aereus berasal dari famili leguminoseae alias polong-polongan. Kacang Hijau sangat gurih dan lezat rasanya bila dibuat aneka penganan kecil juga bubur.

Kacang hijau sangat besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Karbohidrat merupakan komponen terbesar lebih dari 55%, yang terdiri dari pati, gula dan serat. Pati kacang hijau memiliki daya cerna yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dijadikan bahan makanan bayi dan anak balita yang mempunyai sistem pencernaan belum sesempurna orang dewasa. sedangkan sumber serat pangan dalam kacang hijau dapat mencegah terjadinya sembelit (susah BAB) dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Protein merupakan penyusun utama kedua setelah karbohidrat, protein yang terkandung didalam kacang hijau yaitu 24% dan merupakan sumber mineral penting diantaranya kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh tinggi sebanyak 73% yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

Selain itu kandungan yang terdapat didalam kacang hijau yaitu vitamin B1 yang awalnya dikenal sebagai anti beri-beri. Vitamin B1 bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Dengan mengkonsumsi kacang hijau akan membantu meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan, karena secara tidak langsung peran tersebut sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan tubuh. Vitamin B2 yang terdapat didalam kacang hijau dapat membantu penyerapan protein dalam tubuh dimana kehadiran vitamin B2 ini akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efesien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar