Selasa, 06 Juli 2010

Mencegah keputihan

Hampir semua wanita mengalami masalah keputihan. Terutama wanita Asia, karena berada di wilayah yang sebagian besar daerah panas dan lembab.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan terhadap gejala keputihan. Bila gejala-gejala yang dialami tidak berat maka pencegahan dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk menjaga kesehatan daerah sekitar vagina.

1. Gunakanlah pakaian dalam yang bersih dan kering. Sebaiknya gantilah pakaina dalam anda minimal 2x sehari. Namun bila terasa lembab atau basah dimana anda merasa tidak nyaman sebaiknya gantilah sesering mungkin sesuai kebutuhan. Ada baiknya bawalah persediaan pakaian dalam (celana dalam) bila melakukan sedang bepergian.

2. Tidak disarankan menggunakan sabun pembersih vagina. Namun bila dirasakan perlu sebaiknya pilihlah yang berbahan dasar susu untuk menjaga keseimbangan pH area vagina. Pilih juga yang tidak mengandung deterjen/berbusa. Saat ini banyak sekali sabun pembersih vagina di pasaran, bijaklah dalam memilih.

3. Jangan menggunakan bedak di area vagina karena sisa-sisa bedak justru akan menyimpan bakteri dan itu tidak sehat untuk vagina.

4. Gunakan patyliner seperlunya saja dan sering-sering diganti untuk menghindari lembab dan sirkulasi udara di area tersebut.

5. Pada saat datang bulan/haid minimal diganti 3x dalam sehari. Bila diperlukan bisa juga lebih.

6. Sebaiknya tidak menggunakan celana jeans yang ketat karena tidak baik untuk sirkulasi udara dan ini akan menimbulkan rasa lembab dan tidak nyaman.

7. Untuk pakaian dalam pilihkan yang berbahan dasar kaos agar bisa menyerap keringat. Hindari bahan nilon karena kulit akan terasa penas dan sirkulasi udara tidak lancar.

8. Biasakan untuk mengeringkan daerah vagina setelah mandi atau buang air kecil. Ini baik agar vagina selalu bersih dan kering.

9. Bila terpaksa buang air kecil ditempat umum, pilihlah yang bersih dan jangan sekali-kali duduk pada closet wc umum dijamin tidak bersih, sekalipun itu toilet mall atau hotel mewah.

Karena darah “X” ini adalah mahkota wanita maka kebijakan setiap pribadi untuk menjaganya adalah yang paling utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar