Selasa, 06 Juli 2010

Menghilangkan komedo

Komedo ada 2 jenis yaitu komedo blackhead dan whitehead. Blackhead yang biasanya berwarna hitam dan mudah untuk dibersihkan karena tidak tertutup oleh lapisan kulit paling luar. Sedangkan komedo whitehead berada dibawah lapisan kulit biasanya terlihat berwarna putih dan ini susah untuk dikeluarkan. Komedo jenis ini sering membuat penasaran karena butuh tenaga ektra untuk mengeluarkannya.

Banyak cara yang ditempuh. Cara termudah adalah dengan menggunakan plester khusus atau pore pack. Namun cara ini hanya sementara karena komedo pasti akan tumbuh lagi, bahkan bisa bertambah banyak. Ada juga yang pencet hidung sampai merah dan mengeluarkan air mata, padahal cara ini tidak dianjurkan.

Komedo terjadi karena adanya penumpukan minyak, dan sering terdapat pada daerah hidung. Untuk itu rajin-rajinlah membersihkan wajah paling tidak lakukan hal-hal sederhana berikut :

Bersihkan wajah setiap pagi bangun tidur dan malam hari sebelum tidur, terutama bagi yang sering menggunakan make-up. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Pada malam hari gunakan cream malam untuk meregenerasi kulit, tentunya pilih yang sesuai dengan jenis kulit.

Satu kali dalam seminggu atau paling tidak dua kali dalam sebulan gunakan masker wajah. Namun sebelum menggunakan masker lakukan pemijitan ringan dengan bantuan peeling agar kulit halus dan mengangkat kotoran wajah secara maksimal.

Bila komedo sudah sangat mengganggu dan susah untuk dibersihkan sebaiknya lakukan konsultasi atau perawatan pada rumah kecantikan atau dokter kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar