Selasa, 06 Juli 2010

Cara untuk menjaga tubuh

Duduk terlalu lama, tidak berolahraga, akan menurunkan kapasitas aerobik paru dan jantung, deposit lemak tuuh akan meningkat, sel darah merah (yang berfungsi mengedarkan makanan dan oksigen ke seluruh tubuh) akan menurun, kolesterol bertambah, pengerukan kalsium tulang semakin banyak, kerja insulin meningkat, ketajaman indera pendengaran dan pengecapan menurun secara drastis. Jadi jika anda masih enggan ‘bergerak’ juga, bagaimana jadinya tubuh satu - satunya yang anda miliki itu..?

Ada 2 cara simple yang bisa dilakukan mulai dari sekarang nih. Ga perlu biaya yang besar, yang diperlukan hanyalah niat. Mari kita coba 2 hal ini :

1. Jalan pagi, yang penting bukan lama serta jauhnya jarak yang kita tempuh, namun terpenuhinya target - zone sesuai dengan tujuan latihan yang kita lakukan. Misalnya, kita berlatih untuk kebugaran, maka target zone yang seharusnya dicapai adalah 50 - 60 %, sedangkan jika tujuannya detoksifikasi, membuang racun tubuh, maka target zone yang dicapai seharusnya 60 - 70 %. Biasanya dengan berlatih 2 hari sekali selama sekitar 30 menit / latihan, sudah memadai.
2. Olahraga, Dengan melatih otot, oksidasi atau pembakaran dalam tuuh akan berjalan lebih cepat. Selain melepas stres, dengan olahraga proses pembuangan sisa pembakaran tubuh bisa lebih lancar. Bila ingin menguras, sekaligus membersihkan ampas tubuh, jadwalkan olahraga secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar