Selasa, 06 Juli 2010

Tips obat sederhana untuk anak

Ingin mencoba membuat ramuan herbal sendiri untuk si kecil ? Boleh-boleh saja. Asalkan harus tetap memperhatikan higienitas dan pilihan bahan yang harus disesuaikan dengan kondisi si kecil. Berikut beberapa ramuan herbal yang bisa dibikin.

1. Penurun panas, batuk, dan pilek

Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit di urut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum : air kelapa 1 cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk lalu kukus. Setelah dingin berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini bisa diberikan untuk bayi usia 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan cukup diberikan ASI atau si ibu yang meminum ramuan tersebut.

2. Digigit Nyamuk atau Serangga

Bekas gigitan bisa dihilangkan dengan tanaman sambiloto yang diremas-remas lalu dioleskan pada bagian yang terkena gigitan tersebut. Atau bisa juga menggunakan minyak sereh.

3. Diare

Bersihkan 1/2 jari kunyit lalu dibakar dan dipotong-potong. Sediakan juga 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali.

4. Perut kembung

Tempeli pusar anak dengan parutan bawang merah yang sudah dicampur dengan minyak telon.

5. Cacingan

Siapkan 10 gr kulit delima kering dan 1/2 buah pinang segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum air rebusan itu selagi hangat sebelum sarapan. Atau bisa juga siapkan 2 jari akar pepaya, 1 siung bawang putih dan madu secukupnya, lalu direbus dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc. Minum airnya selagi hangat.

6. Luka Berdarah

Cuci bersih daun jambu biji, lalu remas-remas. tempelkan pada luka tersebut.

7. Asma

Siapkan 10 siung bawang putih lalu diparut, ditambah madu 1 gelas kemudian dikukus. Berikan pada anak sebanyak 1 sendok teh dua kali sehari.

Demikian tips ini semoga bermanfaat……Selamat mencoba…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar