Senin, 05 Juli 2010

Makanan sehat untuk otak anak

Tingkat perkembangan kemampuan berpikir anak banyak ditentukan oleh jenis makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan otak adalah ikan (terutama ikan lemuru, ikan tenggiri, ikan tuna dan ikan salmon), keju, pisang, sereal, kiwi, dan susu.

Menurut Hindah Muaris seorang pemerhati Kulinologi, ada beberapa sumber makanan yang dipercaya mampu meningkatkan kemampuan otak, yaitu:

1. Sereal

Satu mangkuk sereal baik untuk mengawali hari anak Anda, tetapi memilihnya harus hati-hati karena banyak sereal mengandung hampir 50% gula dengan sedikit serat, vitamin dan mineral. Sereal dapat menjadi sumber energi. Tambahkan buah kering dan pisang yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak.

2. Telur

Telur kaya akan protein, zinc, vitamin A (untuk penglihatan), vitamin D (untuk pertumbuhan tulang) dan vitamin E (untuk mencegah penyakit) serta vitamin B12 (penting untuk membentuk sel darah merah). Tak hanya itu, kuning telur mengandung lecithin yang dianggap penting sebagai makanan otak, baik untuk daya ingat maupun konsentrasi karena mengandung zat besi yang penting bagi fungsi otak.

3. Kiwi

Kandungan vitamin C pada buah kiwi hampir 2x lipat bila dibanding jeruk. Vitamin C penting peranannya dalam penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C tidak bisa disimpan dalam tubuh. Untuk itu, anak-anak perlu mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C dalam kebutuhan sehari-hari.

4. Pisang

Pisang merupakan sumber karbohidrat dengan kandungan energi yang baik. Makan satu pisang sebagai camilan akan membantu anak Anda menjaga tingkat energi dan konsentrasinya sepanjang pagi.

5. Buah-buahan kering

Cobalah untuk mengenalkan buah-buahan kering pada anak Anda sebagai camilan pada tengah hari. Buah-buahan kering kaya akan zat besi dan sumber energi.

6. Minyak ikan

Beberapa jenis asam lemak tidak diproduksi dalam tubuh dan mesti didapat dari makanan. Lemak menjadi komponen utama otak dan bagian besar dari otak terdiri dari asam lemak yang memainkan peranan penting dalam fungsi sel otak. Ikan lemuru memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar