Selasa, 06 Juli 2010

Menjaga kebahagiaan dalam berumah tangga

Memiliki umur panjang tapi sakit-sakitan dan tak bahagia, tentulah tersiksa. Idealnya semua orang ingin berumur panjang, sehat dan bahagia tentunya. Ada beberapa kiat untuk dapat hidup sehat dan bahagia, di antaranya :

1. Periksa Kesehatan Menyeluruh

Penting untuk melakukan general check-up mulai dari usia 25 sampai dengan 64 tahun. Diantaranya perlu sekali tes kolesterol, fungsi tiroid, dan pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan rontgen yang diperlukan.

2. Periksa Gigi Rutin

Periksa gigi secara rutin juga penting. Ada penyakit tertentu yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Misalnya, risiko penyakit kardiovaskular dihubungkan dengan lepasnya gigi. Berdasarkan penelitian, kanker pada bibir, lidah, larynx dan mulutmembunuh hampir 8.000 orang setiap tahun atau satu orang per jam.

3. Jangan Minum Obat Sembarangan

Buang jauh-jauh minum obat sembarangan. Minumlah hanya vitamin dan obat-obatan sesuai resep dokter, terutama bila mengidap tekanan darah tinggi, diabetes atau tiroid.

4. Ciptakan Hubungan Sehat

Hubungan sehat dengan pasangan memberi pengaruh pada kesehatan dan kebahagiaan. Hubungan sehat juga tercipta dari lingkungan yang saling mendukung dan bermanfaat, baik secara fisik ataupun emosional.

5. Kendalikan Stres

Stres ada sisi baik dan buruknya. Semua orang bisa terkena stres. Padahal stres merupakan penyumbang penyakit terbesar. Tapi jangan khawatir, stres bisa dikendalikan denga cara berfikir positif dan tidak membiarkan masalah berlarut-larut.

6. Olahraga Teratur

Olahraga dipercaya dapat memperbaiki kesehatan secara menyeluruh dan meningkatkan harapan hidup. Begitu juga rasa percaya diri serta energi dapat ditingkatkan dengan berolahraga.

7. Terapkan HIdup Sehat

Pastikan selalu makan makanan sehat dan bergizi seimbang. Selalu makan buah dan sayuran, hindari rokok dan minuman beralkohol.

Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehidupan rumah tangga yang harmonis sampai kapan pun.

Berikut tips untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri.

1. Visi dan Cita-cita.

Sejak awal pernikahan pasangan harus meluruskan niat sehingga nantinya mudah berkomunikasi dalam menentukan arah dan langkah hidup bekeluarga.

2. Saling Percaya.

Masing-masing harus bisa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh pasangannya.Jagalah kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.

3. Saling Menghargai.

Seperti kata pepatah, hargailah orang lain jika diri kita ingin dihargai, apalagi itu adalah pasangan Anda.

4. Mudah Memaafkan.

Manusia tidak luput dari kesalahan. Jika ada yang salah maka segera maafkanlah dan selesaikan persoalan sebelum pergi tidur.

5. Keterbukaan.

Usahakan jangan ada sedikit rahasia pun antara pasangan, terbukalah dan bicarakan baik-baik dengan pasangan Anda.

6. Menerima Kekurangan.

Tidak ada satu manusia yang sempurna di dunia ini. Jadi yakinlah dibalik kekurangan pasangan Anda pasti ada kebaikan dan kelebihan yang telah diberikan oleh Yang Kuasa.

7. Murah Hati.

Jangan mempermasalahkan pasangan Anda yang kurang romantis. Berusahalah selalu berkata dengan lembut dan kasih sayang sehingga semua itu akan menambah rasa cinta dan sayang kepada pasangan Anda.

8. Kejutan/Surprise.

Tidak ada salahnya jika suatu saat atau pada momen tertentu (ulang tahun pasangan) kita menciptakan kejutan kecil karena terkadang kejutan kecil pun sangat bermakna bagi pasangan.

9. Menepati Janji.

Jika kita sudah berjanji dengan pasangan maka usahakan tepatilah janji itu walaupun untuk hal-hal kecil atau sepele.

10. Bulan Madu Kedua.

Sesekali ajaklah pasangan pergi berdua saja tanpa anak-anak, sehingga pasangan bisa menikmati saat-saat indah berdua. Tidak perlu mahal tapi yang penting nilai kebersamaannya. Gunakanlah momen itu sebaik-baiknya untuk bicara dari hati ke hati dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Demikian tips ini semoga bermanfaat bagi semua pasangan di dunia sehingga tercipta keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warohmah….amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar